Senin, 09 Oktober 2017

 Oktober 09, 2017      No comments
Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim.




Abu Musya Asy'ari berkata , Setiap sesuatu punya batas sedangkan batas - batas Islam ada empat yaitu :
1. Wira'i  ;
2. Tawadhu  ;
3. Syukur  ;
4. Sabar .
Yang dimaksud dengan Wira'i adalah pokok utama dari segala sesuatu. Wira'i merupakan benteng diri dari segala hambatan, tantangan dan gangguan baik yang timbul dari dalam diri maupun yang datang dari luar diri , khususnya dalam hal agama .
Yang dimaksud dengan tawadhu adalah terbebas dari kesombongan. Bila dalam diri masih ada kesombongan, maka suatu saat syaitan yang akan mengendalikannya. Namun bila kesombongan dalam diri sudah tidak ada, maka akan tergantikan dengan rasa tawakal kepada Allah swt .
Yang dimaksud dengan syukur adalah ucapan rasa terima kasih karena ada yang memberi sesuatu. Sebagai rasa syukur tidak hanya dengan ucapan syukur alhamdulillah saja, akan tetapi harus dibuktikan apa yang diterimannya itu dimanfaatkan untuk Apa. Bila dimanfaatkan untuk kebaikan itulah yang benar. Namun bila untuk berbuat keburukan maka itu sama saja menghina si Pemberi .
Semakin banyak bersyukur maka diri akan semakin kaya .
Yang dimaksud dengan sabar adalah membebaskan diri dari api neraka. Tingkatan sabar itu ada tiga yaitu :
1. Sabar dalam ketaatan . Artinya saat beribadah kepada Allah timbul rasa malas, maka segera diatasinya dengan cara memaksakan diri .
2. Sabar dalam penderitaan . Artinya walaupun hidupnya sengsara dan menderita , tapi tidak ada keluhan sedikitpun, bahkan semangat ibdahnya jadi meningkat .
3. Sabar dalam kemunkaran . Artinya bila ada hal yang akan mengajak kepada keburukan walaupun untuk duniawi bisa menghasilkan kenikmatan yang luar biasa, tetap dirinya bertahan , tidak mau melakukannya .
Semoga uraian ini bermanfaat untuk kita semua . Insya Allah . Aaaaamiin.
Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .


0 komentar:

Posting Komentar

Pages

JADWAL SHOLAT


jadwal-sholat

Daftar Blog Saya

Popular Posts

JABATAN BISA MENGANGKAT DAN BISA MENJERUMUSKAN

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Jika diberi kedudukan, jangan diduduki ya, n...

Flag Counter
Diberdayakan oleh Blogger.