Minggu, 08 Oktober 2017

 Oktober 08, 2017      No comments
Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim.




Wahai saudaraku Rasulullah saw saw telah menjelaskan melalui sabdanya yaitu

Pertama : Allah swt akan mengampuni dosa para hamba-Nya bila di setiap bangun tidur di pagi hari tidak akan menzalimi siapapun.

Wahai saudaraku alangkah kasih sayangNya Allah terhadap para hamba-Nya. Dia sendiripun tidak pernah menzalimi hambaNya sedikitpun  . QS Yunus [ 10 ] : 44.

Akan tetapi sungguh sangat disayangkan kebanyak manusia itu sendiri yang telah menzalimi dirinya sendiri . Lalu menzalimi dirinya sendiri itu seperti apa ?

Dia belum mampu memanfaatkan seluruh anggota tubuhNya agar berusaha tunduk mematuhi perintah Allah. Bahkan banyak melanggarnya .

Contoh kedua mata yang seharusnya dimanfaatkan untuk memandang kebesaran Allah swt , tapi dimanfaatkan untuk banyak berbuat maksiat .

Mulut yang seharusnya berbicara yang baik - baik , yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain, justru banyak menebarkan fitnah, zalim dan berbuat ghibah ( membicarakan keburukan orang lain ).

Tangan yang seharusnya untuk menolong orang lain dan dirinya, banyak digunakan untuk berbuat keburukan .

Kaki yang seharusnya dimanfaatkan untuk melangkah ke jalan yang benar , justru memilih jalan yang sesat yang membuat Allah marah dsb.

Kedua :  Allah akan memberikan pahala Haji Mabrur kepada para hamba-Nya bila di setiap bangun tidur pagi menolong orang yang teraniaya dan memenuhi keperluan orang Islam

Yang dimaksud menolong orang yang teraniaya adalah membantu mereka yang sedang jatuh , mendapatkan musibah atau menerima hinaan dari orang lain  atau orang yang sedang dalam kesulitan .
Yang dimaksud dengan memenuhi keperluan orang Islam adalah , menolong orang yang sedang kelaparan , menuntun orang yang sedang tersesat , mengajak orang lain untuk mengikuti petunjuk jalan yang benar , mencegah dari perbuatan hina dan nista .

Semoga uraian ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Insya Allah . Aaaaamiin.
Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

JADWAL SHOLAT


jadwal-sholat

Daftar Blog Saya

Popular Posts

JABATAN BISA MENGANGKAT DAN BISA MENJERUMUSKAN

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Jika diberi kedudukan, jangan diduduki ya, n...

Flag Counter
Diberdayakan oleh Blogger.